Libur Lebaran, Pelni Sediakan Layanan "Hotel Terapung" ke Karimunjawa

Kompas.com - 22/06/2015, 08:56 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com
– Libur Lebaran umumnya dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia untuk berkumpul bersama keluarga dan melakukan perjalanan rekreasi atau bertamasya. Untuk mengakomodasi kebutuhan ini, PT Pelni (Persero) pun berencana membuka pelayanan tur Semarang-Karimunjawa.

“Di Semarang, kapal kita juga akan melakukan tur ke Karimunjawa,” kata Direktur Utama Pelni Sulistyo Wimbo Sardjito, Jakarta, Sabtu (20/6/2015).

Wimbo mengatakan, banyak masyarakat Semarang dan sekitarnya yang sebetulnya dekat dengan Karimunjawa namun jarang berlibur ke Karimunjawa. Oleh karenanya, Pelni menyediakan kapal untuk tur.

“Tetap bayar (tidak gratis). Tapi paling tidak terbuka tiga hari untuk rekreasi. Karena kalau Lebaran orang butuh rekreasi, salah satunya ke Karimunjawa,” ucap Wimbo.

Layanan wisata bahari ini merupakan satu dari tujuh paket wisata bahari yang akan diluncurkan 2015. Paket perdana yang direalisasikan yaitu “Let’s Go Karimunjawa”, sebuah paket wisata bahari ke Pulau Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Berdasarkan informasi dari Manajer Komunikasi dan Hubungan Kelembagaan Pelni Akhmad Sujadi, Minggu (21/6/2015), paket tur tersebut akan dilaksanakan selama tiga hari, Sabtu (18/7/2015) hingga Senin (20/7/2015).

Wisatawan akan menggunakan KM. Binaiya dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah ke Karimunjawa. Pulau yang terletak di Laut Jawa itu dapat dijangkau oleh para wisatawan dengan menggunakan kapal Pelni, sebagai sarana akses transportasi, akomodasi (makan, hiburan, dan menginap) serta ibadah selama berwisata di ‘hotel terapung’ kapal KM Binaiya.

“Wisatawan akan berangkat dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, pada hari Sabtu (18/7/2015) pukul 08.00,” kata Sujadi.

Untuk menikmati liburan ke Karimunjawa dengan kapal Pelni ini, wisatawan cukup merogoh kocek Rp 1,5 juta untuk kelas 1, Rp 1,25 juta untuk kelas 2, dan Rp 1 juta untuk kelas 3 per penumpang.

“Harga sudah termasuk transportasi, hiburan, makan pagi, siang, dan makan malam di atas kapal,” imbuh Sujadi.

Paket wisata ini juga menawarkan diving, snorkeling, bersepeda, mancing, fotografi, dan berbagai wisata alam pantai dan laut di Karimun Jawa.

Pendaftaran sudah dibuka sejak Kamis (18/6/2015), dan bagi para peminat dapat menghubungi Contact Center Pelni di 162 untuk wilayah Jabodetabek. Atau melalui Hp dan dari luar di nomor 021-162, serta surat elektronik infopelni162@pelni.co.id.

Informasi teranyar, kelas 1 masih tersisa 14 bed, dan kelas 3 tersedia 500 bed. Sementara itu sebanyak 40 bed kelas 2 sudah habis dipesan.

baca juga: Layani Pemudik, Pelni Akan Sediakan Bus Gratis dari Pelabuhan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.