Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden: Saya Tanya 5 Kali Enggak Dijawab, Saya Copot

Kompas.com - 09/07/2015, 21:10 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
 — Presiden Joko Widodo mengungkapkan bahwa kemarahannya di Pelabuhan Tanjung Priok beberapa waktu lalu muncul lantaran beberapa kali pertanyaannya tak digubris petugas yang saat itu mendampinginya.

Waktu itu, kata Presiden, dia hanya menanyakan instansi mana yang menyumbang waktu dwell time atau waktu inap barang yang paling lama. "Saya bertanya, ini instansi yang paling lama apa, enggak dijawab. Sampai 5 kali (bertanya) tidak dijawab. Saya hanya tanya instansi mana, malah enggak dijawab. Kalau sudah seperti ini, pasti saya copot," ujar Presiden dalam acara Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis (9/7/2015).

Menurut Jokowi, dirinya hanya ingin mengetahui kementerian mana yang paling lama menyumbang dwell time di pelabuhan, bukan penjelasan rinci dari petugas. Baginya, hal teknis soal perizinan di pelabuhan sudah dia ketahui lantaran sudah makan asam garam sebagai pengusaha. "Semua itu (masalah teknis) tidak perlu dijelaskan," kata dia.

Lebih lanjut, menurut Presiden, kecepatan dwell time di pelabuhan sudah menjadi kebutuhan agar Indonesia mampu berkompetisi dengan negara lain, terutama negara tetangga, misalnya Singapura dan Malaysia.

Presiden berujar, jika waktu inap barang di pelabuhan mencapai 5,5 hari, maka Indonesia akan kalah bersaing.

baca juga: Jokowi Sindir Para Pengusaha yang Pilih Simpan Uang di Luar Negeri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com