Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/08/2015, 16:22 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo meminta pemerintah untuk mendorong belanjanya di semester dua, untuk mengejar pertumbuhan ekonomi di atas lima persen. “Melihat pertumbuhan ekonomi kuartal II-2015 (4,67 persen), government spending (belanja pemerintah) harus digenjot,” kata Agus ditemui di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (7/8/2015).

Dengan digenjotnya belanja pemerintah pada semester kedua, BI optimistis pertumbuhan ekonomi tahun ini mampu mencapai perkiraan BI yakni 5 persen hingga 5,4 persen.  Agus menambahkan, di luar belanja pemerintah, BI memperkirakan sumber pertumbuhan di kuartal III-2015 datang dari investasi dan konsumsi.

Sementara itu, Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang PS Brodjonegoro memastikan pemerintah akan mendorong penyerapan belanja modal pada kuartal III-2015. “Sampai akhir tahun penyerapan belanja modal antara 80-85 persen,” kata Bambang, Jumat.

Sebelumnya dikabarkan, per 31 Juli 2015 realisasi belanja negara mencapai Rp 913,5 trilun. Realisasi tersebut hanya 46 persen dari pagu belanja dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2015 sebesar Rp 1.984,1 triliun.

Bambang pada Rabu (5/8/2015) lalu mengatakan, realisasi belanja negara tersebut terdiri dari realisasi belanja pemerintah pusat Rp 524,1 triliun, atau 39,7 persen dari pagu yang sebesar Rp 1.319,5 triliun, serta transfer ke daerah dan dana desa sebesar Rp 389,3 triliun, atau 58,6 persen dari pagu yang sebesar Rp 664,6 triliun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com