Bos IMF Sebut Perlu Gotong Royong untuk Kesuksesan Ekonomi Asia

Kompas.com - 02/09/2015, 12:23 WIB
 Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde
AFP/LIU JIN Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com - Managing Director IMF Christine Lagarde mengemukakan pandangannya terhadap kondisi ekonomi terkini di kawasan Asia dalam seminar internasional di Gedung Bank Indonesia (BI), Jakarta, Rabu (2/9/2015). Menariknya, bos IMF itu sempat mengutip kata-kata Thomas Paine yang terkenal di abad-18 untuk menggambarkan kondisi ekonomi saat ini. Bahkan, Lagarde sempat memberi seruan kepada negara-negara Asia dengan menggunakan istilah gotong royong.

"Topik hari ini sangat tepat. 'These are times that try men’s soul' (Ini merupakan masa ujian bagi jiwa manusia)," ujar Lagarde mengutip pernyataan Thomas Paine, dalam sambutannya.

Menurut dia, kondisi ekonomi Asia saat ini mengalami tekanan dari pelemahan perekonomian dunia. Hal itu dinilai akan menjadi satu tantangan besar dan masalah yang kompleks untuk pembangunan benua yang memiliki populasi terbesar di dunia itu di masa depan.

Salah satu sektor yang akan memegang kunci kesuksesan pembangunan di Asia, kata Lagarde, yaitu sektor keuangan. Menurut dia, sektor keuangan akan memainkan peran penting dan sangat krusial lantaran terhubung secara langsung kepada kemajuan ekonomi dan kestabilan ekonomi.

Oleh karena itu, Lagarde menyerukan semua negara Asia untuk bekerjasama memastikan kemajuan kawasan di tengah kondisi pelemahan ekonomi global saat ini. Di situlah dia menggunakan istilah gotong royong.

"Saya diberitahu bahwa dalam Bahasa Indonesia ada frase 'gotong royong' yang sangat umum digunakan. Itu mengacu kepada suatu komunitas untuk bersama-sama demi kepentingan semua. Hadirin, ini adalah semangat yang kita perlu untuk menjaga stabilitas dan untuk memastikan kesuksesan Asia," kata Lagarde.

Baca juga: Jokowi: IMF Nilai Indonesia Siap Hadapi Gejolak Ekonomi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kompas TV Presiden Jelaskan Pertemuan dengan IMF

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.