Kalau Niat, Menabung Rp 10.000 Sehari Bisa Qurban Tiap Tahun

Kompas.com - 21/09/2015, 11:14 WIB
Fokus program memang khusus membagikan hewan kurban ke daerah-daerah yang selama ini bisa jadi warganya tak setiap hari bisa menyantap daging. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOFokus program memang khusus membagikan hewan kurban ke daerah-daerah yang selama ini bisa jadi warganya tak setiap hari bisa menyantap daging.
|
EditorLatief

KOMPAS.COM - Harga kambing qurban sekarang di kisaran Rp 2 juta dan sapi Rp 12 juta. Jangankan anak muda yang masih berpenghasilan pas-pasan, harga itu juga berat bagi mereka yang berpenghasilan mapan, bila seketika dikeluarkan tanpa persiapan.

Namun, bukan berarti urusan harga dijadikan alasan melewatkan kesempatan berqurban. Untuk membuat ibadah qurban tak terasa memberatkan, sejumlah langkah bisa dilakukan.

Pertama, pastikan terlebih dahulu perkiraan harga hewan qurban pada periode berikutnya, katakanlah tahun depan. Sebut saja sebagai ancar-ancar, tahun depan ada kenaikan 10 persen, jadi Rp. 2,2 juta untuk kambing dan Rp 13,2 juta untuk sapi.

Nah, dari perkiraan harga tersebut, berikut ini alternatif yang bisa dilakukan, bahkan sejak jauh hari, untuk bisa berqurban tanpa harus bikin kantong seketika berlubang:

Menabung

Melihat perkiraan harga tahun depan, sejak jauh hari Anda sebetulnya bisa mulai menyisihkan sejumlah uang secara berkala. Katakanlah, Anda bersiap sejak 10 bulan sebelumnya. Dari situ, harga perkiraan kambing Rp 2,2 juta pada tahun depan hanya butuh menyisihkan Rp 220.000 per bulan atau tak sampai Rp 7.500 - Rp 8.000 per hari. Syaratnya cuma satu, disiplin.

Membeli kolektif

Lain halnya jika berencana berqurban sapi. Anda juga bisa secara berkelompok mengumpulkan uang. Ingat, satu sapi bisa menjadi qurban bagi tujuh orang.

Dengan perkiraan tahun depan Rp 13,2 juta, setiap orang cukup menyiapkan Rp 1,9 juta. Bila belum ada dana sebanyak itu, cara pertama tadi dapat Anda gunakan kembali.

Jasa pihak ketiga

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X