Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satgas: KAI "Ngos-ngosan" untuk Bangun Rel di Pelabuhan Tanjung Priok

Kompas.com - 23/09/2015, 16:02 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tugas PT KAI melakukan aktivasi rel kereta barang sekaligus membangun rel baru ke PelabuhanTanjung Priok, Jakarta, dinilai tak mudah. Pasalnya, saat ini KAI juga sedang membangun rel kereta menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Kepala Satuan Tugas Percepatan Dwelling Time Agung Kuswandono berharap kereta ke Pelabuhan Tanjung Priok bisa segara beroperasi secepatnya. Menurut Agung, kondisi tersebut telah membuat KAI "berkeringat" atau kerja keras.

"Membangun ini tidak mudah karena ternyata di sisi Soekarno-Hatta juga Pak Presiden Jokowi akan menengok hasil kereta api bandara. Jadi ini 'keringetan' teman-teman KAI," ujar Agung di Kantor Kementerian Koordinator Kemaritiman, Jakarta, Rabu (23/9/2015).

Dia menuturkan, KAI meminta waktu merampungkan pengerjaan proyek itu hingga akhir Februari 2016. Pengerjaan proyek rel baru akan dimulai pada Oktober 2015 sedangkan aktivasi rel ke Pelabuhan Tanjung Priok sedang dikerjakan.

Khusus untuk pembangunan rel baru, Agung mengatakan saat ini pembebasan lahan sudah 95 persen. Dia mengakui pembangunan jalur kereta baru membutuhkan waktu yang tak sedikit, selain pembebasan lahan, sosialisasi kepada masyarakat juga dinilai penting.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli memberikan target pengoperasian kereta ke Pelabuhan Tanjung Priok hanya dua bulan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com