Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CEO Perusahaan Migas Kumpul di IPA Convex 2024 Bahas Solusi Kebijakan Industri Migas

Kompas.com - 07/05/2024, 15:40 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesian Petroleum Association (IPA) akan menyelenggarakan Konvensi dan Pameran IPA (IPA Convex) 2024 pada 14 sampai 16 Mei 2024 di ICE BSD City, Tangerang.

Dengan mengusung tema Gaining Momentum to Advance Sustainable Energy Security in Indonesia and the Region, IPA Convex 2024 akan menggambarkan peran penting industri hulu migas di Indonesia dalam memastikan ketersediaan energi (energy security) di era transisi energi.

Selain itu, IPA Convex 2024 juga akan menggali potensi industri migas Indonesia terhadap negara lain di kawasan regional.

Baca juga: Kejar Target 1 Juta Barrel Minyak, Industri Hulu Migas Hadapi Keterbatasan Rig

Ketua Panitia IPA Convex 2024 Krishna Ismaputra mengatakan, untuk itu IPA Convex 2024 akan mempertemukan para pemangku kepentingan sektor migas termasuk CEO perusahaan migas untuk berdiskusi lintas isu seputar industri migas.

Konvensi ini diharapkan menghasilkan masukan bagi pemerintah untuk memaksimalkan sektor migas untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia sekaligus memenuhi target pengurangan emisi karbon.

"Tapi lebih kepada yang jangka panjang yang bisa kita kembangkan. Bagaimana mengembangkan oil and gas di Indonesia itu terus berkembang karena kita punya potensinya. Jadi di sinilah kita bahas," ujarnya dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (7/5/2024).

Dia mengungkapkan,IPA Convex juga pernah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya, hanya saja tahun ini jumlah peserta pameran yang terlibat meningkat 140 persen menjadi 170 perusahaan.

Baca juga: Tutuka Ariadji Lepas Jabatan Dirjen Migas, Siapa Penggantinya?

Acara yang akan dibuka oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif ini akan menyajikan hal berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang dapat dinikmati masyarakat dari berbagai kalangan, seperti Run & Walk Road to IPA Convex 2024, program Youth @IPA Convex, Pameran Fossil x Digitalization, Technology Session tentang teknologi pengurangan karbon dan berbagai Plenary dan Special Session.

"Program kita tahun ini juga dua kali lebih banyak dari tahun lalu. Ada 6 Plenary Session ditambah 2 Special Session. Kenapa spesial? Karena kita mau memberikan pengalaman yang lebih. Ada juga Technology Session, ini program baru IPA," ungkapnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com