Ini Langkah yang Akan Dilakukan Dwi Soetjipto Terkait Audit Forensik Petral

Kompas.com - 12/11/2015, 16:57 WIB
|
EditorFidel Ali

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto mengatakan, usai hasil audit forensik terhadap Pertamina Energy Trading Ltd. (Petral) Group keluar, ada dua tahapan yang akan dilakukan yakni corporate action dan legal action.

Intinya, corporate action ini dilakukan terhadap pihak ketiga dari internal Pertamina yang terindikasi terlibat dalam aksi mafia migas. Aksi yang satu lagi, yakni legal action, dilakukan untuk membuktikan pihak ketiga eksternal yang memberikan pengaruh kuat terhadap Petral Group.

"Indikasi-indikasi personil Pertamina yang di Petral, yang terindikasi dalam audit itu, langsung kita proses sesuai dengan ketentuan di perusahaan," kata Dwi ditemui di Kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Jakarta, Kamis (12/11/2015).

Lebih lanjut Dwi menuturkan, akibat adanya pihak ketiga, terjadi anomali dalam pengadaan crude dan produk minyak di Petral Group.

"Untuk mencegah (terjadi lagi) kita akan ambil langkah terhadap pihak ketiga itu sebagai corporate action," jelas Dwi.

Mantan bos PT Semen Indonesia (Persero) itu menambahkan, untuk pihak ketiga dari eksternal, saat ini tengah dilakukan legal action. Diharapkan dalam sepekan ini sudah bisa dketahui hasil analisa legalnya.

"Nanti apabila sudah selesai, tentu saja kita akan sampaikan ke pihak penegak hukum," pungkas Dwi. (Baca: Dwi Soetjipto Akui Ada Internal Pertamina yang Kurang Kooperatif soal Petral)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.