Bos Freeport Jim Moffett Mundur

Kompas.com - 29/12/2015, 09:12 WIB
Freeport KOMPAS/AGUS SUSANTOFreeport
|
EditorErlangga Djumena
NEW YORK, KOMPAS.com — James R Moffett, pimpinan dan pendiri perusahaan pertambangan Freeport-McMoran, memutuskan untuk mundur dari jabatannya. Penyebabnya adalah harga komoditas yang terus jatuh, yang memaksa perusahaan memangkas jumlah karyawan maupun produksi.

Freeport-McMoran adalah salah satu produsen emas dan tembaga terbesar dunia.

Namun, harga kedua komoditas tersebut terus mengalami penurunan. Harga tembaga anjlok lebih dari 26 persen seiring dengan makin jelasnya sinyal pertumbuhan ekonomi China yang melambat secara signifikan. Pada perdagangan bursa saham AS, Senin siang, saham Freeport-McMoran langsung jatuh 61 sen atau 8,1 persen menjadi 6,95 dollar AS per lembar saham.

Moffett yang membantu pendirian perusahaan itu pada tahun 1969 silam akan mengundurkan diri sebagai pimpinan pada Kamis (31/12/2015) lusa.

Gerald J Ford, direktur utama independen, akan menjadi direktur non-eksekutif dan Richard C Adkerson akan menjadi presiden dan CEO.

"Selama 50 tahun kariernya di industri sumber daya alam, Jim Bob (sapaan akrab Moffett) telah menjadi ikon eksplorasionis," kata Ford menanggapi mundurnya Moffett.

Moffett telah menjabat pimpinan eksekutif Freeport-McMoran Inc sejak 2003 dan sebelumnya menjabat sebagai CEO pada tahun 1995 sampai 2003. Moffett dan kedua rekannya mendirikan McMoRan Oil & Gas Co pada tahun 1969 dan memimpin upaya merger McMoRan Oil & Gas Co dan Freeport Minerals Co pada tahun 1981.



Sumber AFP
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X