Akhir Januari, Jasa Marga Terapkan E-Toll Multibank di JORR

Kompas.com - 06/01/2016, 18:54 WIB
Gerbang tol Cimanggis Utama KOMPAS/RIZA FATHONIGerbang tol Cimanggis Utama
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) siap menerapkan sistem pembayaran elektronik jalan tol (e-toll) dengan melibatkan 4 bank BUMN yakni Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN.

Rencana uji coba sistem e-toll multibank itu akan dilakukan di jalan tol lingkar luar jakarta (JORR) pada akhir Januari ini.

"Sekarang lagi proses uji, kami sudah berkali-kali rapat. Yang pertama dicoba di JORR karena itukan JORR Jasa Marga," ujar Direktur Operasional Jasa Marga Cristanto Priyambodo di Jakarta, Rabu (6/1/2016).

Sebenarnya, kata dia, sistem e-toll multibank tersebut sudah diluncurkan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno di Gerbang Tol Kapuk pada Agustus 2015 lalu.

Saat ini sistem tersebut akan digunakan di JORR. Sementara untuk Tol Dalam Kota, pengoperasiannya tergantung PT Citra Marga Nushapala Persada selaku operator. Diperkirakan penerapannya pada April 2016.

"Sisanya April karena belum siap, karena peralatan tidak bisa menerima bank lain baru Mandiri," kata Cristanto.

Diharapkan dengan pengunaan sistem e-toll multibank itu penetrasi transaksi di e-toll JORR meningkat hingga 50 persen. "JORR itu masih 15 persen dan laporannya tinggi, kalau panetrasi bisa meningkat 50 persen dengan adanya bank-bank lain," ucap dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.