Menteri LHK: Amdal KA Cepat Layak

Kompas.com - 21/01/2016, 18:12 WIB
Presiden Joko WIdodo saat menghadiri groundbreaking proyek kereta ce[at, Jakarta-Bandung di Cikalong Wetan, Bandung, Kamis (21/1/2016). Kompas.com/ Yoga SukmanaPresiden Joko WIdodo saat menghadiri groundbreaking proyek kereta ce[at, Jakarta-Bandung di Cikalong Wetan, Bandung, Kamis (21/1/2016).
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorJosephus Primus

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengatakan bahwa Analisis Dampak Lingkungan (amdal) proyek kereta cepat Jakarta-Bandung sudah layak. Menurutnya tidak ada aturan apapun yang dilanggar "Pada tanggal 19 Januari 2016 sudah dilakukan rapat komisi Amdal pusat. Dan itu setelah semua diakomodasi, lalu diputuskan bahwa ini layak. Aturannya semua enggak ada yang dilanggar," ujar Siti di lokasi acara groundbreaking KA Cepat Jakarta-Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (21/1/2016).

Bahkan untuk memastikan amdal kelayakan proyek KA cepet, Siti mengaku melakukan pengecekan dokumen pada 20 Januari 2016 kemarin. "Sudah dilihat dan sebetulnya enggak ada masalah. Berdasarkan keputusan Amdal dan saya cek seluruh regulasinya maka izin kelayakan lingkungan bisa diterbitkan," kata Siti.

Sebelumya, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) mengungkapkan bahwa amdal proyek tersebut serba kekurangan. "Masih kekurangan dan belum dijawab, katanya mau diselesaikan dengan cepat. Tapi, tidak mungkin semalam atau dua sampai tiga hari (selesai) kan," ujar Direktur Kemitraan Lingkungan Kementerian LHK Widodo Sembodo kepada Kompas.com, Jakarta, Rabu (20/1/2016).

Widodo yang juga Anggota Tim teknis Kementerian LHK untuk amdal proyek kereta cepat Jakarta-Bandung menuturkan, amdal yang disodorkan PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) seharusnya dilengkapi. Sebab, penelitian lapangan yang dilakukan belum tajam.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X