Kadin Dorong Bukalapak dan Go-Jek Masuk Pasar Modal

Kompas.com - 11/02/2016, 16:59 WIB
Kandidat Cagub DKI dari Partai Gerindra Sandiaga Uno Jessi Carina Kandidat Cagub DKI dari Partai Gerindra Sandiaga Uno
|
EditorM Fajar Marta
JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang UMKM, Koperasi, dan Industri Kreatif Sandiaga S Uno menyatakan, pihaknya siap mendorong UKM masuk ke pasar modal.

Menurut Sandiaga, saat ini semakin banyak UKM potensial yang dapat didorong untuk menjadi emiten.

"Kita lagi identifikasi, mungkin ada 50 UKM yang sanggup. Kita berharap dari 50 itu paling tidak 10 persennya bisa IPO (initial public offering/penawaran umum perdana) dalam satu sampai dua tahun ke depan," kata Sandiaga di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Kamis (11/2/2016).

Terkait sektor bisnis UKM tersebut, Sandiaga menjelaskan, 50 UKM itu didominasi sektor teknologi maupun e-commerce.

Ada beberapa e-commerce yang didorong untuk IPO, seperti Bukalapak.com, Bhinneka.com, dan Traveloka, karena dapat memperoleh profit yang cukup tinggi.

"Seperti Go-Jek malah bisa meningkatkan basis investor karena penggunanya ada 600.000. Sahamnya mungkin bisa ditawarkan ke penggunanya, itu bisa langsung booming," tutur Sandiaga.

Sementara itu, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Nurhaida Nurhaida mengatakan, pihaknya tengah mengkaji besaran modal UKM yang bisa mencatatkan sahamnya di bursa. (Baca: Sebentar Lagi UKM Bermodal di Bawah Rp 100 Miliar Bisa Masuk Bursa)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X