"Gayung Bersambut" dari Wapres untuk Komentar Menko Luhut

Kompas.com - 24/02/2016, 16:28 WIB
Presiden Joko Widodo didampingi Wapres Jusuf Kalla berjalan menuju ruang VVIP setibanya di Bandara Internasional Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (19/2/2016). Presiden beserta delegasi tiba kembali di Tanah Air usai melakukan lawatan ke Amerika Serikat untuk menghadiri KTT ASEAN-AS, berkunjung ke Silicon Valley dan menjadi pembicara utama dalam US-ASEAN Business Council. TRIBUN NEWS / HERUDINPresiden Joko Widodo didampingi Wapres Jusuf Kalla berjalan menuju ruang VVIP setibanya di Bandara Internasional Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (19/2/2016). Presiden beserta delegasi tiba kembali di Tanah Air usai melakukan lawatan ke Amerika Serikat untuk menghadiri KTT ASEAN-AS, berkunjung ke Silicon Valley dan menjadi pembicara utama dalam US-ASEAN Business Council.
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorJosephus Primus


JAKARTA, KOMPAS.com - Bak pepatah "gayung bersambut",   Wakil Presiden Jusuf Kalla buka suara menanggapi komentar Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Luhut Binsar Pandjaitan.  (Baca: Luhut: 1,5 Tahun Saya di Pemerintahan, Hal Paling Fatal adalah Koordinasi)

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, tanggung jawab koordinasi di dalam kabinet berada di tangan menteri-menteri koordinator. "Ya justru kan dimana-mana kalau kita ada menko. Menko kan menteri yang mengkoordinasikan," ujar Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (25/2/2016).

Wapres mengatakan, menteri koordinator memang tidak mungkin mengkoordinasikan 35 kementerian sekaligus. Oleh kerana itu, pemerintah membagi koordinasi sesuai sektor.

Meski begitu, Kalla mengakui bahwa keberhasilan pemerintahan tidak hanya bisa ditentukan oleh koordinasi pemerintah pusat saja, tapi juga pemerintah daerah. "Koordinasi bukan hanya menko. Di daerah juga, ada koordinasi. Jadi harus ketemu, harus ada tujuannya, harus ada caranya, harus ada sistem yang sama (pemerintah pusat dan daerah)," kata Wapres.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X