Ditanya Holding Farmasi, INAF dan KAEF Serahkan Sepenuhnya ke Pemegang Saham

Kompas.com - 06/04/2016, 19:00 WIB
Ilustrasi thinkstockphotosIlustrasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua emiten farmasi pelat merah yakni PT Kimia Farma Tbk (KAEF) dan PT Indofarma Tbk (INAF) hari ini menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Direktur Utama KAEF, Rusdi Rosman mengatakan pihaknya masih menunggu keputusan para pemegang saham untuk mengambil keputusan pembentukan holding.

"Itu domain pemegang saham," ujarnya sambil tersenyum usai melakukan RUPS di Jakarta, Rabu (6/4/2016)

Sebelumnya, Sekretaris Perusahaan INAF Yasser Arafat mengatakan, pihaknya tidak bisa memaksakan para pemegang saham untuk memberikan lampu hijau terkait penggabungan dua emiten farmasi tersebut.

"Kami siap dengan semua itu, tapi ini kan domainnya pemegang saham. Kita tidak bisa paksakan pemegang saham," ujar Yasser saat ditemui usai RUPS.

Jika dilihat dari kapitalisasi pasarnya, Indofarma berpeluang untuk dicaplok oleh Kimia Farma.

"Penggabungan ini baik, maka dari itu kami siap untuk meningkatkan market capital bersama-sama," imbuh Yasser.

Seperti diketahui, rencana pembentukan holding farmasi ini sebelumnya telah ditargetkan rampung sebelum tahun 2014. Berdasarkan informasi yang dihimpun Kompas.com, semua persyaratan pembentukan holding telah siap dan tinggal pelaksanaannya saja.

Harga saham Indofarma hari ini ditutup melemah 1,13 persen menjadi Rp 439 per saham. Sementara itu saham turun 0,78 persen di posisi Rp 1.265 per saham.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.