Kompas.com - 16/05/2016, 17:04 WIB
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Lima negara yakni Indonesia, Taiwan, Malaysia, Vietnam, dan Myanmar menjadi sumber uang Grup Panasonic untuk penjualan luar negeri pada tahun fiskal hingga Maret 2019. Target penjualan grup tersebut melalui anak usaha PanaHome Grup, sebagaimana informasi dari laman panasonic.com hari ini mencapai angka 50 miliar yen.

Sebelumnya, PanaHome Corporation melalui anak perusahaan PanaHome Asia Pacific Pte. Ltd (PHAP)  bersama-sama dengan PT. Gobel International (GI) mencapai kesepakatan  mendirikan perusahaan baru PT. PanaHome Gobel Indonesia (PHGI). Perusahaan yang fokus kepada penyediaan teknologi perumahan dan berbagai solusi lainnya ini, didirikan untuk mendukung pembangunan infrastruktur di Indonesia. Ini merupakan perusahaan kedua dari PanaHome Group di Asia Tenggara.

Kesepakatan yang dituangkan dalam bentuk perjanjian kerja sama (JVA) tersebut, telah ditandatangani di Jakarta, Senin (16/5/2016) oleh Presiden Direktur GI Abdullah Tauhid Gobel dan Managing Director PHAP Kazuhiko Tanaka. Turut hadir memberi sambutan dan menyaksikan penandatangan kesepakatan tersebut Pemimpin Kelompok Usaha Panasonic Global Rachmat Gobel dan Presiden Panasonic Asia Pacific Pte Ltd Nishida Toru.

PanaHome merupakan anak perusahaan Panasonic, yang khusus bergerak di bidang perumahan. Dalam kurun waktu 50 tahun lebih sejak berdiri, PanaHome telah membangun sekitar 470.000 unit rumah tinggal di Jepang.  

Dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan ini telah pula mengembangkan bisnisnya ke luar Jepang, yaitu ke Taiwan pada 2010 dan Malaysia pada 2012. Guna memperkuat pijakan Panasonic dalam mengembangkan industri perumahan di kawasan Asia Tenggara dan Oseania, PanaHome Asia Pacific resmi didirikan pada April 2015.

Indonesia, kata Kazuhiko Tanaka, Indonesia dengan jumlah penduduk sekitar 258 juta jiwa adalah negara dengan jumlah penduduk terbesar di Asia Tenggara. Dengan pertumbuhan ekonomi di kisaran lima persen, kebutuhan rumah di Indonesia terus berkembang.

Nantinya, PHGI akan berkontribusi dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia. Fokus PHGI adalah pengembangan perumahan berwawasan lingkungan berkonsep solusi-solusi pintar (smart solutions).  "Di Jepang, PanaHome telah terlebih dahulu mengembangkan  perumahan berkonsep smart solutions ini di Fujisawa Sustainable Smart Town (SST) dan Shioashiya Smart City (SSC),” kata Kazuhiko Tanaka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.