Siap Jalankan "Tax Amnesty", Kemenkeu Uji Coba Sistem Simulasi

Kompas.com - 29/05/2016, 14:17 WIB
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Keuangan menyatakan kesiapannya menjalankan program pengampunan pajak atau tax amnesty.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan, Kemenkeu melakukan persiapan-persiapan setelah undang-undang mengenai tax amnesty disahkan.

Bambang menjelaskan, salah satu persiapan yang dilakukan Kemenkeu adalah uji coba sistem simulasi pengenaan tax amnesty.

"Persiapan udah bagus, tinggal UU aja, persiapan dilapangan sudah diujicoba berkali-kali sistem sudah dicek sudah dites," ujar Bambang di Jakarta, Minggu (29/5/2016).

Bambang menegaskan, belum ada perubahan dalam besaran tarif tebusan tax amnesty. Sebab, sampai saat ini Menkeu masih menunggu pembahasaan di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) selesai.

Besaran tarif tebusan yang selama ini diajukan pemerintah adalah 1, 2, dan 3 persen bagi peserta yang menempatkan dananya di dalam negeri. Kemudian 2, 4, dan 6 persen untuk wajib pajak yang memiliki dana di luar negeri.

Bambang berharap pembahasan RUU tax amnesty selesai pada pertengahan Juni nanti. Ia juga mengupayakan pada 1 Juli 2016 pengenaan tax amnesty akan efektif berjalan

"Mudah-mudahan urusan dengan DPR selesai paling lambat oertengahan juni mudah-mudahan, Ya nanti kita upayakan 1 juli sudah full," ujarnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jendral Kementerian Keuangan Hadiyanto mengatakan RUU tax amnesty akan selesai pada Juni minggu kedua.

"Kami harapkan Juni minggu kedua selesai," ujar Hadiyanto.

Hadiyanto menjelaskan, Kemenkeu sudah menyiapkan peraturan turunan-turunan untuk melengkapi aturan tax amnesty. Ia juga mengatakan tax amnesty akan aktif berjalan pada 1 Juli 2016.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.