Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RNI Gelar Operasi Pasar "Gula Murah" di Jawa Barat

Kompas.com - 04/06/2016, 14:00 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) kembali melaksanakan Operasi Pasar Gula Murah. Operasi pasar digelar selama dua hari dari tanggal 3-4 Juni 2016. 

Operasi pasar dilaksanakan di 12 pasar tradisional yang tersebar di 5 Kabupaten/Kota di Jawa Barat, yaitu Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka, Subang, dan Kota Cirebon.

Dalam operasi pasar kali ini, RNI menjual gula dengan harga Rp 12.500 per kilogram (kg), sementara harga gula di pasaran saat ini telah menyentuh angka Rp 18.000 per kg.

“Kami memiliki persediaan gula yang cukup dan siap disalurkan untuk membantu masyarakat memperoleh gula dengan harga yang lebih murah,” ujar Direktur Utama PT RNI Didik Prasetyo dalam keterangan resminya, di Jakarta, Sabtu (4/06/2016).

PT RNI menyiapkan 100 ton gula dalam operasi pasar dan dipasok dari 4 Pabrik Gula (PG), yaitu PG Sindanglaut, PG Tersana Baru, PG Jatitujuh, dan PG Subang.

PG-PG tersebut milik PT PG Rajawali II Cirebon yang merupakan salah satu Anak Perusahaan PT RNI. Agar tidak disalahgunakan, masyarakat paling banyak hanya boleh maksimal membeli 3 kg gula.

Adapun 12 (dua belas) lokasi pelaksanaan Operasi Pasar tersebar di beberapa wilayah berikut, Kabupaten Cirebon dilaksanakan di Pasar Karangsuwung, Pasar Lemahabang, Pasar Pabuaran, dan Pasar Babakan.

Kota Cirebon dilaksanakan di Pasar Pagi, Pasar Kali Tanjung, dan Pasar Perumnas. Untuk Kabupaten Indramayu dilaksanakan di Pasar Tukdana dan Pasar Amis. Sedangkan, di Kabupaten Majalengka dilaksanakan di Pasar Jatitujuh.

Adapun untuk Kabupaten Subang operasi pasar dilaksanakan di Pasar Purwadadi dan Pasar Cikaum.

Didik menambahkan, sebagai BUMN yang bergerak dalam industri gula RNI memiliki tanggung jawab lebih untuk turut serta bersama pemerintah melakukan upaya stabilisasi harga gula yang menjelang Bulan Ramadan ini semakin tinggi. 

(Baca: Gara-gara Gula, Inflasi Mei Bisa Di Atas 1 Persen!)

Kompas TV Pasar Murah Gula & Minyak Ludes Diborong

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com