Ini Tanggapan OJK Terkait Turunnya Total Dana Kelolaan Reksadana Syariah

Kompas.com - 14/06/2016, 18:35 WIB
Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan, Nurhaida di Jakarta, Selasa (14/6/2016). Iwan SupriyatnaKepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan, Nurhaida di Jakarta, Selasa (14/6/2016).
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat total dana kelolaan reksadana syariah hingga akhir 2015 mencapai Rp 10,96 triliun.

Pencapaian tersebut mengalami penurunan jika dibandingkan tahun 2014 lalu sebesar Rp 11,24 triliun.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan, Nurhaida mengatakan, dana kelolaan reksadana syariah memang selalu bergerak fluktuatif, yang disebabkan oleh minat masyarakat akan penempatan pendanaannya di instrumen investasi syariah.

"Kelolaan reksadana syariah memang berfluktuasi tegantung minat masyarakat," ujar Nurhaida di Jakarta, Selasa (14/6/2016).

Untuk meningkatkan dana kelolaan reksadana syariah, OJK dalam hal ini hanya bisa memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait manfaat investasi reksadana syariah.

"Yang dilakukan OJK yakni mengupayakan semaksimal mungkin produk ini supaya menarik," imbuh Nurhaida.

Ketika ditanya apakah ada target dana kelolaan reksadana syariah hingga tahun 2016, pihaknya tidak bisa menyebutkan angka.

"Kita tidak menentukan target, kita hanya sosialisasi dan edukasi," tuturnya.

Kondisi pasar modal Indonesia sepanjang 2015 yang dipengaruhi oleh perkembangan ekonomi global menurut Nurhaida, membuat para investor bersikap wait and see. "Kita lihat di awal tahun nanti, mudah-mudahan kondisi ekonomi dalam negeri khususnya membaik," pungkas Nurhaida.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X