Kompas.com - 15/06/2016, 08:01 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

TANGERANG, KOMPAS.com - Angkasa Pura II mempercepat pembangunan Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Hal itu dilakukan untuk mendapatkan izin operasi dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Saya pikir kami harus menyelesaikan segala sesuatunya tanggal 16 (Juni 2016), insyaallah kami akan selesaikan," ujar Direktur Utama AP II Budi Karya Sumadi di Tengerang, Selasa (14/6/2016).

Ia belum bisa memastikan apakah Terminal 3 Ultimate bisa beroperasi pada 20 Juni 2016 sesuai target atau tidak. Sebab, AP II masih menunggu izin operasi dari Kemenhub.

Sementara terkait berbagai kekurangan yang dipersoalkan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, AP II akan segara mengebut pengerjaanya.

"Saya optimis karena yang kurang itu beberapa sudah kita selesaikan," kata Budi.

Sebelumnya, Jonan meninjau Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta dalam rangka kesiapan mudik Lebaran 2016.

Usai tinjauan, Jonan belum bisa memastikan apakah terminal baru bandara tersebut bisa dioperasikan pada 20 Juni 2016 sesuai keinginan Angkasa Pura II.

"Enggak bisa (dipastikan operasi 20 Juli 2016), kan sudah janjiannya tanggal 16 akan direview lagi. Lihat saja tanggal 16 nanti," ujar Jonan.

Dalam tinjauan itu, Jonan menyoroti berbagai fasilitas dasar yang ternyata belum rampung 100 persen.

Misalnya, area kedatangan penumpang di bagian luar masih dalam pengerjaan. Dari sisi airside, Jonan ingin AP II memastikan taxi way dan apron diperiksa sekali lagi. Hal itu dilakukan untuk memastikan kesterilan airside.

Kompas TV Terminal 3 Ultimate Siap Beroperasi Saat Lebaran
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.