Bank Bukopin Targetkan 1.000 Agen Laku Pandai pada 2017

Kompas.com - 23/06/2016, 22:07 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Bukopin tengah memperluas jaringan pelayanan melalui skema laku pandai (branchless banking) dan menargetkan mengoperasikan 1.000 agen laku pandai (B-Tunai).

Direktur pengembangan bisnis dan teknologi informasi PT Bank Bukopin Tbk, Adhi Brahmantya mengatakan, realisasi penambahan jaringan laku pandai saat ini telah menjangkau hampir seluruh wilayah Indonesia dengan jumlah outlet mencapai lebih dari 100 agen B-Tunai.

"Di 2017, jumlah tabungan Bank Bukopin diharapkan mencapai 600.000 rekening dan 120.000 nasabah asuransi mikro dan agen B-Tunai mencapai 1.000 agen," ujar Adhi dalam acara buka puasa bersama media di Kantor Pusat Bank Bukopin, Jakarta, Kamis (23/6/2016).

"Pada tahap awal, pengembangan laku pandai di Bank Bukopin difokuskan pada perekrutan loket PPOB menjadi agen B-Tunai," papar Adhi.

Adhi menambahkan, hal itu sesuai dengan salah satu target Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yaitu penambahan jumlah agen yang melayani laku pandai di Indonesia.

Menurut Adhi, implementasi laku pandai tahap pertama difokuskan pada produk basic saving account atau Tabungan Bukopin Rakyat.

Sampai dengan Mei 2016, layanan yang diimplementasikan pada agen B-Tunai adalah pembayaran publik seperti, pembayaran listrik, air, pulsa, untuk Tabungan Bukopin Rakyat seperti pembukaan rekening, setor dan tarik tunai, dan juga asuransi Tabungan Bukopin Rakyat.

Adhi menuturkan, ke depan outlet B-Tunai akan berkembang dan merambah segala sektor.

"Untuk pengembangan layanan selanjutnya pada semester dua tahun 2016, outlet B-Tunai ditargetkan juga dapat melayani pembelian asuransi mikro seperti gempa bumi, tsunami dan kebakaran, kredit mikro, remittance, serta penyaluran bantuan sosial pemerintah baik berupa tunai maupun non tunai," tambah Adhi.

Bank Bukopin menargetkan dapat menambah 100 agen B-Tunai setiap triwulan dengan jumlah Tabungan Bank Bukopin sebanyak 62.500 rekening.

Adhi berharap, ke depan makin bertambah jumlah nasabah Bank Bukopin dan juga asuransi mikro.

"Pada tahun 2018, kami menargetkan jumlah Tabungan Bukopin Takyat mencapai 1.000.000 rekening dan asuransi mikro sebanyak 216.000 dengan jumlah agen sebanyak 1800 agen," ungkap Adhi.

Saham Bank Bukopin (BBKP) dimiliki oleh Bosowa Corporindo sebesar 30 persen, Kopelindo 19,09 persen, Pemerintah RI 11,43 persen, dan Publik sebesar 40,48 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.