Imbas "Brexit," Kota-kota Ini Siap Geser London sebagai Pusat Bisnis

Kompas.com - 30/06/2016, 06:30 WIB
Salah satu sudut kota London, Inggris. Transportasi publik di kota ini saling terintegrasi dengan baik. Hilda B Alexander/Kompas.comSalah satu sudut kota London, Inggris. Transportasi publik di kota ini saling terintegrasi dengan baik.
|
EditorAprillia Ika

LONDON, KOMPAS.com - Berbagai kota di Eropa tengah bersiap mengisi lubang yang menganga di London akibat referendum yang memutuskan Inggris keluar dari Uni Eropa.

Voting Brexit yang dipilih warga Inggris berpotensi menyebabkan posisi London sebagai pusat bisnis tergeser dengan mudah.

Kemungkinan akan banyak perusahaan global yang memindahkan operasional mereka keluar dari London untuk mempertahankan status Uni Eropa. Mengutip CNN Money, Rabu (29/6/2016), beberapa kota ini tengah berhias rias menyambut hadirnya perusahaan-perusahaan global tersebut.

1. Frankfurt

Kota besar di Jerman ini sangat ingin menyambut para bankir yang meninggalkan London. Saat ini, Frankfurt adalah rumah bagi European Central Bank yang merupakan bank sentral Eropa, Bundesbank, dan Otoritas Asuransi Eropa.

Berdasarkan aturan Uni Eropa, perbankan dan perusahaan asuransi bisa beroperasi di mana saja di Uni Eropa asalkan mereka beroperasi di salah satu negara anggota. Selama ini kota yang jadi pilihan adalah London, namun Frankfurt berharap bisa menjadi pusat finansial berikutnya setelah Brexit.

2. Luxembourg

Selama ini, Luxembourg sudah menjadi salah pusat keuangan penting di Eropa. Kerajaan kecil tersebut merupakan rumah bagi 143 bank dengan aset keseluruhan mencapai 885 miliar dollar AS.

Selain itu, para bankir pun bisa terpikat dengan suasana kosmopolitan Luxembourg, karena hampir separuh dari 563.000 penduduknya adalah warga asing. Luxembourg pun merupakan rumah bagi beberapa perusahaan besar global, seperti Paypal, Skype, dan Delphi karena memiliki tingkat pajak korporasi yang relatif rendah.

3. Paris

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X