China Luncurkan Satelit Komunikasi "Mobile" Pertamanya

Kompas.com - 08/08/2016, 06:00 WIB
|
EditorAprillia Ika

BEIJING, KOMPAS.com – China telah meluncurkan satelit komunikasi mobile miliknya yang pertyama.

Satelit bernama Tiantong-01 tersebut akan membentuk jaringan mobile yang mencakup China, Timur Tengah, Afrika, dan beberapa area lainnya.

Mengutip BBC, Minggu (7/8/2016), satelit tersebut diluncurkan ke ruang angkas pada Minggu dini hari waktu setempat di ibukota Beijing.

Pemantau di darat akan dioperasikan oleh China Telecom yang merupakan perusahaan telekomunikasi milik pemerintah China.

China tidak hanya telah meluncurkan satelit telekomunikasi mobile pertamanya. Negeri Tirai Bambu tersebut juga dikabarkan tengah mempersiapkan misi ruang angkasa berikutnya, namun belum dijelaskan secara terperinci.

Pada Sabtu (6/8/2016) waktu setempat, dua buah roket peluncur tiba di pusat peluncuran yang berlokasi di barat laut China.

Roket tersebut akan membawa modul kedua stasiun ruang angkasa yang telah direncanakan dan bakal menggantikan Tiangong 1 yang telah mengakhiri masa kerjanya serta pesawat ulang alik berawak bernama Shenzou-11.

China pertama kali mengirim astronot ke luar angkasa pada tahun 2003 silam. Sejak saat itu, sektor antariksa China kian maju dan canggih.

Kepada BBC awal 2016 ini, kepala perancang misi China ke Bulan menyatakan China berencana menjajal daratan Bulan dan menjelajahi Mars.

Program luar angkasa China dipimpin oleh militer.

Kompas TV BRI Luncurkan Satelit Senilai 3,37 Triliun
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.