Susun Regulasi, OJK Cek Kepatuhan Bisnis Perusahaan "Fintech"

Kompas.com - 31/08/2016, 11:21 WIB
Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad pada acara Indonesia Fintech Festival & Conference, Senin (29/8/2016). Sakina Rakhma Diah Setiawan/Kompas.comKetua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad pada acara Indonesia Fintech Festival & Conference, Senin (29/8/2016).
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan membuat regulasi untuk mengatur industri keuangan berbasis teknologi informasi atau fintech (financial technology). Penyusunan regulasi untuk fintech oleh OJK akan dimulai dengan melakukan pendataan pelaku fintech.

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad mengatakan, OJK akan mendata terlebih dahulu pemain di industri ini.

"Saya kira kami buat dari hal sederhana dulu. Paling tidak, kami ingin daftar dulu. Ada berapa banyak sih perusahaan itu sekarang, siapa saja yang punya, apakah mereka memenuhi peraturan-peraturan yang berlaku atau tidak," kata Muliaman di Jakarta, Rabu (31/8/2016).

Artinya, kata Muliaman, OJK akan mengecek kepatuhan hukum para pemain industri fintech. Setelah itu, OJK akan meminta mereka mendaftarkan diri di OJK sebagai perusahaan fintech.

"Sesudah itu, kami buat guidelines dan pertemuan. Kami ingin mendengar masukan dari mereka, sebetulnya mereka maunya apa. Ini tahapan-tahapan kami dalam membuat regulasi," kata Muliaman.

Regulasi untuk fintech ini perlu dikeluarkan untuk membantu perusahaan dalam manajemen risiko dan juga menjamin perlindungan konsumen akan layanan fintech.

Kompas TV OJK Akan Terbitkan Aturan Industri Fintech

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X