BPS Umumkan Deflasi 0,02 Persen di Agustus, IHSG Ditutup Anjlok 50,40 Poin

Kompas.com - 01/09/2016, 12:22 WIB
Penulis Aprillia Ika
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada jeda perdagangan siang ditutup anlok 50,40 poin atau turun 0,93 persen ke level 5.335,68.

Pasar sepertinye merespon negatif pengumuman BPS yang menyatakan adanya deflasi di Agustus sebesar 0,02 persen. Ini merupakan deflasi terendah sejak 2001. Deflasi disebabkan oleh harga bahan makanan dan jasa transportasi.

Di awal perdagangan, IHSG sudah tertekan. Hingga jeda siang, aksi lepas portofolio oleh investor asing yang tercatat di semua papan perdagangan mencapai Rp 160,4 miliar.

Sebanyak 57 saham ditutup turun dan 221 saham ditutup  dan 69 saham ditutup tetap. Nilai transaksi perdagangan saham di jeda siang ini mencapai Rp 2,62 triliun.

Semua indeks sektoral pendukung bursa ditutup turun. Penurunan per sektor di atas satu persen antara lain untuk sektor perkebunan, aneka industri, perdagangan, properti dan industri dasar.

Dengan melemahnya IHSG, maka kenaikan IHSG selama seminggu terkoreksi turun 1,26 persen sedangkan dalam satu bulan juga terkoreksi turun 0,7 persen.

Kompas TV IHSG Sentuh 5.000, Dirut BEI Jalan Kaki

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.