Donald Trump Targetkan Pertumbuhan Ekonomi AS Capai 4 Persen

Kompas.com - 16/09/2016, 17:34 WIB
Donald Trump. APDonald Trump.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

NEW YORK, KOMPAS.com - Kandidat calon presiden AS dari Partai Republik Donald Trump menargetkan pertumbuhan ekonomi AS mencapai 4 persen secara tahunan.

Ia juga berencana memangkas pajak, meminimalkan regulasi, dan mengubah kebijakan perdagangan AS. Dengan demikian, ia menargetkan dalam satu dekade mendatang, sebanyak 25 juta lapangan kerja baru dapat tercipta.

Hal itu disampaikan Trump dalam pidatonya di Economic Club of New York.

"Semua yang kurang baik saat ini bisa diperbaiki. Semua kegagalan bisa diubah menjadi kesuksesan besar," ungkap Trump seperti dikutip dari Channel News Asia, Jumat (16/9/2016).

Departemen Perdagangan AS bulan lalu menyatakan pada kuartal II 2016, pertumbuhan ekonomi AS mencapai 1,1 persen. Ekonomi AS berupaya memperoleh kembali momentum sejak output perekonomian melambat sejak semester II 2015 lalu.

Menurut Trump, ia merencanakan pemangkasan pajak sebesar 4,4 triliun dollar AS. Penerimaan pemerintah akan berkurang dengan asumsi pajak yang lebih rendah dapat mendorong pertumbuhan.

Trump menyatakan, pihaknya meyakini kebijakan perdagangan, energi, dan regulasi yang akan diterapkannya serta rencana memangkas belanja non pertahanan sebesar 1 persen per tahun akan mencegah pemerintah AS mengalami defisit.

Rencana ini pun tidak akan mengusik program sosial seperti Social Security dan Medicare. Namun demikian, beberapa pihak mengasumsikan ekonomi AS akan melemah jika Trump memenangkan pilpres.

Biro riset ekonomi global Oxford Economics, misalnya, memprediksi ekonomi AS akan kehilangan 1 triliun dollar AS pada tahun 2021 jika Trump menjadi presiden.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.