Kompas.com - 16/09/2016, 17:56 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah merestui koperasi untuk menjadi penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) merekomendasikan tujuh koperasi yang bisa menjadi penyalur KUR.

Namun demikian, rapat koordinasi di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jumat (16/9/2016) menyepakati, untuk sementara baru satu koperasi yang memiliki peluang besar menjadi penyalur KUR.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menekankan, faktor kesehatan koperasi menjadi pertimbangan utama agar bisa direstui sebagai penyalur KUR.

Kemenkop-UKM diminta memiliki ukuran jelas mengenai tingkat kesehatan koperasi calon penyalur KUR.

“Kapan koperasi itu dianggap sakit, kapan sudah tidak tertolong, harus ada ukurannya. Tetapi sementara itu, yang satu koperasi ini cukup bagus (kesehatannya), bisa dijalankan dulu,” kata Darmin tanpa menyebut nama koperasi yang dimaksud.

Darmin menuturkan, koperasi simpan pinjam yang ingin ikut menyalurkan KUR harus memenuhi syarat, misalnya ia mencontohkan seperti bank yang harus memiliki rasio kredit macet di bawah lima persen.

Dengan syarat-syarat yang ketat ini diharapkan penyaluran KUR oleh koperasi bisa berjalan baik sebagaimana oleh perbankan.

Dalam kesempatan sama, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Puspayoga menyampaikan, tadinya ada tujuh koperasi yang disodorkan ke meja Menko untuk ditunjuk sebagai penyalur KUR.

“Tetapi tahun ini ada satu (yang disetujui), mudah-mudahan tahun depan lebih banyak lagi,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.