BPS: Penerapan BBM Satu Harga Akan Turunkan Inflasi di Indonesia Timur

Kompas.com - 01/11/2016, 17:03 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketimpangan harga bahan bakar minyak (BBM) yang terjadi di wilayah Indonesia Timur menimbulkan reaksi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Presiden lantas meminta PT Pertamina (Persero) untuk melakukan pemantauan dan menerapkan keseragaman harga.

Menanggapi hal tersebut, Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS) Sasmito Hadi Wibowo mengatakan, penetapan BBM satu harga di kawasan Indonesia Timur akan menggerakan roda perekonomian. Menurutnya dengan murahnya harga BBM maka harga kebutuhan pokok pun akan semakin murah.

"Bensin itu sangat membantu efek multiplier, jika BBM murah maka harga-harga kebutuhan lain juga akan murah," ujar Sasmito di Jakarta, Selasa (1/11/2016).

Selain itu, penerapan BBM satu harga ini pun akan mendorong produktivitas masyarakat dan industri usaha kecil menengah di Indonesia Timur. 

Dengan harga-harga di wilayah Indonesia Timur yang bakal menurun, inflasi yang disumbang dari wilayah Indonesia Timur juga akan berkurang..

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.