Petrokimia Gresik Terus Perluas Jaringan Petromart

Kompas.com - 03/11/2016, 21:07 WIB
|
EditorM Fajar Marta

GRESIK, KOMPAS.com – Ambisi PT Petrokimia Gresik (PG) yang berencana membangun Petromart di setiap Kabupaten yang ada di Jawa secara perlahan terus diwujudkan.

Gerai terbaru Petromart yang secara resmi diperkenalkan kepada publik, berada di Jalan Raya Bojonegoro-Cepu KM 05, Desa Leran, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, pada Selasa (1/11/2016).

“Ini sudah sesuai dengan rencana awal perusahaan, yang ingin menghadirkan Petromart di setiap Kabupaten yang ada di Jawa,” ungkap Direktur Utama PG Nugroho Christijanto, Kamis (3/11/2016).

Petromart sendiri merupakan toko pertanian milik PG, yang menjual produk non subsidi dan produk pengembangan PG Grup lainnya mulai dari pupuk, produk hayati, benih, produk olahan pangan, serta pestisida.

Sejak pertama kali diluncurkan pada Agustus 2015 di Gresik, Petromart mendapat tanggapan positif dan sangat diminati petani maupun masyarakat perkotaan (urban farming).

"Berdasarkan feasibility study (analisa usaha), Petromart sangat layak untuk dikembangkan menjadi suatu entitas bisnis di daerah-daerah. Maka kami pun kemudian menggandeng Koperasi Karyawan Keluarga Besar Petrokimia Gresik (K3PG), untuk membuka Petromart perdana di luar Gresik,” jelasnya.

Ia pun berharap, keberadaan Petromart di Kabupaten Bojonegoro yang baru diresmikan, akan dapat memenuhi kebutuhan para petani dan masyarakat perkotaan dalam berbudidaya tanaman khususnya, yang ada di Bojonegoro dan sekitarnya.

“Selain menjual kebutuhan sarana produksi pertanian, Petromart juga menyediakan layanan konsultasi bagi konsumen seputar pertanian, seperti pemupukan, hama dan penyakit tanaman, dan sebagainya,” papar Nugroho.

Nugroho juga menegaskan, kehadiran Petromart di daerah tidak dimaksudkan untuk berkompetisi dengan kios-kios pertanian yang sudah ada.

Melainkan sebagai pelengkap dan penyuplai produk-produk pengembangan dan produk non subsidi, ke kios-kios existing.

“Jadi Petromart ini merupakan one stop shopping, yang tidak sekadar menjual produk, tetapi juga memberikan solusi terhadap berbagai masalah pertanian. Tidak hanya melayani konsumen perorangan, namun juga kios-kios,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.