Pelaku Usaha: Boleh Berunjuk Rasa, tetapi Jangan Ganggu yang Ingin Bekerja

Kompas.com - 29/11/2016, 15:54 WIB
Konferensi pers pelaku usaha Kadin Indonesia dan APINDO menanggapi rencana Aksi 212, Jakarta, Selasa (29/11/2016). Estu Suryowati/Kompas.comKonferensi pers pelaku usaha Kadin Indonesia dan APINDO menanggapi rencana Aksi 212, Jakarta, Selasa (29/11/2016).
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com — Pelaku usaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) angkat bicara terkait rencana aksi 2 Desember 2016 (aksi 212).

Pelaku usaha meminta aksi unjuk rasa berjalan tertib dan tidak mengganggu kegiatan dunia usaha.

"Boleh berunjuk rasa, tetapi jangan mengganggu kegiatan usaha kami karena lebih banyak karyawan yang mau bekerja seperti biasa," kata Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani di Jakarta, Selasa (29/11/2016).

Hariyadi mengatakan hal tersebut lantaran kedua asosiasi mendapatkan informasi bahwa akan ada buruh yang ikut serta dalam aksi 212.

Hariyadi mengatakan, pelaku usaha menghargai pelaksanaan unjuk rasa sebagai bagian dari praktik demokrasi.

Namun kata Hariyadi, pelaku usaha khawatir aksi unjuk rasa seperti di Tangerang Banten, pekan lalu terulang.

Pada tanggal 24 November 2016, massa demonstrasi di Tangerang melakukan sweeping dan mengganggu proses produksi dengan menutup kawasan industri

"Delapan belas perusahaan di Tangerang yang terkena sweeping sudah melaporkan kepada Polres setempat. Kami juga punya hak untuk menjalankan usaha, mempekerjakan pekerja kami," tutur Hariyadi.

Dalam kesempatan sama, Ketua Umum Kadin Indonseia Rosan P Roeslani mengingatkan buruh sebaiknya melakukan unjuk rasa yang berhubungan dengan kepentingan buruh.

"Jangan sampai buruh ini berdemo dalam konteks yang lain, tetapi berdemolah dalam konteks kepentingan buruh, dalam koridor yang benar dan tidak menyalahi aturan yang sudah ada," ucap Rosan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X