Jokowi Berjanji Akan Sering "Blusukan" ke Industri

Kompas.com - 06/12/2016, 12:58 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden RI Joko Widodo menyatakan, dia akan lebih banyak melakukan blusukan ke industri sebagai respons atas masukan para ekonom.

Jokowi mengatakan, dia pernah menjadi pelaku industri mebel selama 24 tahun. Bahkan, di industri mebel itu dia betul-betul menjadi pekerja industri.

"Saran (dari Didik) tadi akan saya lakukan supaya tahu, bukan hanya masalah (di industri) kayu, tetapi juga masalah minyak dan gas, industri otomotif, industri tekstil," ucap Jokowi dalam Sarasehan 100 Ekonom Indonesia, di Jakarta, Selasa (6/12/2016).

Dalam kesempatan itu, pendiri The Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Didik J Rachbini mengungkapkan, industri di Indonesia sudah sangat lemah. Dua dekade lalu, pertumbuhan industri bisa sampai dua kali lipat pertumbuhan ekonomi.

"Bila PDB tumbuh enam persen, industri tumbuh 12 persen," kata Didik.

Saat ini, kata dia, pertumbuhan industri hanya mampu di kisaran tiga-empat persen. Peranan industri terhadap pertumbuhan ekonomi pun turun, dari di atas 30 persen menjadi 21 persen.

"Karena itu, setelah Presiden blusukan ke proyek-proyek infrastruktur dan sebagainya, kami berikan sumbang saran untuk datang ke pusat-pusat industri," kata Didik.

Dia berharap, melalui blusukan-nya itu, Presiden bisa mengetahui sendiri masalah yang menjadi kendala industri. "Menanyakan kepada mereka bagaimana akses kreditnya, bagaimana pasarnya, dan bagaimana teknologinya," ucap Didik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.