Akhir November 2016, Rupiah Menguat 1,7 Persen terhadap Dollar AS

Kompas.com - 15/12/2016, 19:20 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) menyatakan, nilai tukar rupiah bergerak stabil dan cenderung menguat pada 2016. Penguatan rupiah berlangsung hingga Oktober dan tertahan di bulan November 2016 pasca pemilihan presiden AS.

Sebagaimana diketahui, nilai rupiah sempat menguat pasca kemenangan Donald Trump dalam pilpres AS. Bahkan, nilai tukar rupiah sempat menembus Rp 13.800 per dollar AS.

"Secara point to point, rupiah menguat 1,70 persen secara year to date (ytd) pada level Rp 13.550 per dollar AS pada akhir November 2016," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara di Jakarta, Kamis (15/12/2016).

Tirta menjelaskan, penguatan rupiah didukung oleh sentimen positif terhadap perekonomian domestik, seiring dengan kondisi stabilitas makroekonomi yang terjaga.

Faktor lain adalah implementasi program Pengampunan Pajak yang berjalan dengan baik.

Namun demikian, pada November 2016, penguatan rupiah tertahan akibat meningkatnya ketidakpastian perekonomian global pasca pilpres AS dan ekspektasi kenaikan suku bunga acuan Fed Fund Rate.

Sejak awal Desember 2016, rupiah kembali menguat sejalan dengan aliran masuk dana asing.

"Ke depan, Bank Indonesia akan terus mewaspadai risiko capital reversal terkait ketidakpastian kebijakan AS dan tetap melakukan langkah-langkah stabilisasi nilai tukar sesuai fundamentalnya dengan tetap menjaga bekerjanya mekanisme pasar," ujar Tirta.

Kompas TV Jokowi Minta 100 Ekonom Bantu Stabilkan Kurs Rupiah
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.