Pasar Asemka, Lapak Bisnis yang Menggiurkan bagi WNA Ilegal? (Bag 3)

Kompas.com - 26/01/2017, 07:00 WIB
Libur akhir tahun, para pembeli ramai memadati kawasan Pasar Asemka, Jakarta Barat pada Kamis (24/12/2015) Dian Ardiahanni/Kompas.comLibur akhir tahun, para pembeli ramai memadati kawasan Pasar Asemka, Jakarta Barat pada Kamis (24/12/2015)
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Persoalan Warga Negara Asing (WNA) di Indonesia perlu penanganan yang lebih serius dari pemerintah, setelah adanya indikasi WNA ilegal asal China yang membuka usaha secara masif di Indonesia.

Kompas.com melakukan penelusuran terkait adanya WNA ilegal asal China. Di pasar Asemka di Jakarta, ditemukan sejumlah WNA yang tak dapat berbicara bahasa Indonesia.

Selain itu, ada salah satu toko yang diduga milik WNA ilegal. Namun toko tersebut tak ragu-ragu membuka lowongan pekerjaan sebagai penerjemah bahasa mandarin.

Bukan tanpa alasan, selain ada kendala bahasa, interaksi penjual dan pemilik toko tidak bisa berjalan baik, seperti yang dialami Kompas.com.

(Baca: Pasar Asemka, Lapak Bisnis yang Menggiurkan bagi WNA Ilegal? (bag 2))

Salah satu karyawan dari toko aksesoris yang diduga milik WNA ilegal berhasil diwawancarai oleh Kompas.com. Berikut petikannya:

Kompas.com: Disini toko buka jam berapa? Jualnya apa aja? Kalung-kalung ada? 

Karyawan: Buka hari biasa mulai jam setengah delapan pagi. Di sini jual banyaknya gelang-gelang.

Kompas.com: Untuk harganya berapaan?

Karyawan: Harganya beda-beda ada yang Rp 25.000, ada yang Rp 21.000 itu sudah harga lusinan. Bisa Rp 25.000 per pieces (pcs) jadi Rp 300.000 per lusin.

Kompas.com: Ada nomor kontak pemiliknya?

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X