LPEI Diusulkan Jadi Lembaga Penyalur KUR

Kompas.com - 07/02/2017, 14:30 WIB
Pelaksana Tugas Ketua Dewan Direktur dan Direktur Eksekutif Eximbank Indonesia Susiwijono Moegiarso, di Jakarta, Selasa (7/2/2017). Estu Suryowati/KOMPAS.comPelaksana Tugas Ketua Dewan Direktur dan Direktur Eksekutif Eximbank Indonesia Susiwijono Moegiarso, di Jakarta, Selasa (7/2/2017).
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia ( LPEI) atau Eximbank Indonesia diusulkan menjadi lembaga penyalur kredit usaha rakyat ( KUR).

Usulan tersebut saat ini masih dalam proses persetujuan di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Pelaksana Tugas Dewan Direktur dan Direktur Eksekutif Eximbank Indonesia Susiwijono mengatakan, saat ini lembaganya sudah menyalurkan kredit usaha rakyat berorientasi ekspor (KURBE) dengan tarif sembilan persen tanpa subsidi.

"Sehingga diharapkan kami akan mendapatkan subsidi dari pemerjntah (kalau jadi penyakur KUR)," kata Susiwijono, Selasa (7/2/2017).

Susiwijono mengatakan, LPEI saat ini memberikan kredit kepada industri kecil menengah (IKM) melalui dua skema, yakni skema KURBE dan kredit umum.

Sepanjang 2016 lalu, pembiayaan yang disalurkan untuk segmen ini mencapai sebesar Rp 10,5 triliun atau sekitar 11,86 persen dari total pembiayaan yang disalurkan yang sebesar Rp 88,48 triliun.

"Target 2017 ini pembiayaan untuk IKM naik 41 persen, cukup tinggi," imbuh Susiwijono.

Dengan kenaikan sebesar 41 persen, maka pembiayaan yang akan diberikan ke IKM tahun ini mencapai Rp 14,8 triliun.

Angka ini sama dengan 14,42 persen dari target total pembiayaan tahun ini yang mencapai Rp 102,6 triliun.

Pada tahun lalu, kata Susiwijino, jumlah debitur IKM mencapai 631 perusahaan. Dengan target pembiayaan sebesar Rp 14,8 triliun tersebut, maka diperkirakan jumlah debitur bertambah beberapa ratus perusahaan tahun ini.

Adapun jenis industri yang akan dibiayai cukup bervariatif mulai dari industri pengolahan, sektor perikanan, sampai hasil perkebunan.

Sementara itu, pasar potensial untuk produk IKM Indonesia antara lain kawasan ASEAN dan pasar non-tradisional seperti Asia Selatan, Timur Tengah, dan Afrika Selatan.

Kompas TV Pemerintah Tambah 10 Bank Penyalur KUR



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X