Mandiri Capital Bidik 8 “Startup” Tahun Ini

Kompas.com - 20/02/2017, 16:42 WIB
Konferensi pers Mandiri Capital Indonesia di Rumah Mandiri Inkubator Bisnis Jakarta, Senin (20/2/2017). KOMPAS.com/Sakina Rahma Diah SetiyawanKonferensi pers Mandiri Capital Indonesia di Rumah Mandiri Inkubator Bisnis Jakarta, Senin (20/2/2017).
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Mandiri Capital Indonesia (MCI), perusahaan patungan atau modal ventura yang merupakan anak usaha PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menargetkan untuk menyuntik modal ke lebih banyak perusahaan rintisan (startup) pada tahun ini. Target MCI adalah menyalurkan modal kepada setidaknya delapan startup di sepanjang tahun 2017.

“Sekitar 4 (startup) di semester I dan 4 lagi di semester II,” kata Direktur Keuangan MCI Hira Laksamana di Rumah Mandiri Inkubator Bisnis Jakarta, Senin (20/2/2017).

Hira menjelaskan, perusahaan startup yang dibidik oleh MCI adalah yang bergerak di layanan keuangan berbasis digital atau financial technology (fintech). Namun demikian, lanjut Hira, jenis perusahaan startup fintech yang dibidik oleh MCI untuk disuntikkan modal akan bervariasi.

Menurut Hira, MCI akan fokus menyalurkan modal kepada perusahaan startup yang produk dan layanannya dapat saling mendukung bisnis grup Bank Mandiri. Salah satu jenis fintech yang saat ini dilirik oleh MCi adalah peer-to-peer lending.

Ia memberi contoh, peer-to-peer lending dapat turut membantu bisnis UMKM yang juga menjadi fokus Bank Mandiri. Dengan demikian, perusahaan startup fintech tersebut dapat turut membantu pengembangan nasabah UMKM yang dimiliki Bank Mandiri.

Terkait kemungkinan aksi korporasi berupa merger maupun akuisisi perusahaan startup ke dalam grup Bank Mandiri, Hira mengaku tidak menutup kemungkinan hal itu bisa terjadi.

Akan tetapi, tentu saja hal ini harus terlebih dahulu didiskusikan dengan unit-unit bisnis yang ada di dalam grup perbankan tersebut.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kita lihat startup-nya bagaimana, potensi ke depannya bagaimana, in line (sejalan) dengan grup Bank Mandiri atau tidak. Kita sukanya ke long term (jangka panjang) dan sinergi ke grup kita,” jelas Hira.

MCI merupakan perusahaan modal ventura yang dimiliki Bank Mandiri dengan kepemilikan 99 persen dan PT Mandiri Sekuritas dengan porsi 1 persen. MCI akan fokus di bisnis modal ventura untuk mendukung pengembangan perusahaan startup.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X