Sejumlah Titik Tergenang, Apakah Kondisi Listrik di Jakarta Aman?

Kompas.com - 21/02/2017, 15:11 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah wilayah di Jakarta tergenang sejak Selasa pagi (21/2/2017) karena tingginya intensitas hujan yang mengguyur DKI Jakarta dan sekitarnya. Lantas, apakah pasokan listrik untuk wilayah DKI Jakarta aman dan tidak mengalami gangguan?

Kompas.com mencoba mengkonfirmasikannya ke PT PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya). Deputi Manager Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Disjaya, Dini Sulistyawati mengatakan, pasokan listrik untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya masih normal meski curah hujan sangat tinggi dan mengakibatkan beberapa lokasi tergenang air.

"Seiring dengan hujan lebat beberapa hari terakhir yang menyebabkan banjir dan genangan di beberapa titik di Jakarta, PLN tetap berupaya secara optimal memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Dari sisi pasokan, listrik ke Jakarta dalam keadaan aman selama curah hujan tinggi," ujar Dini kepada Kompas.com, Selasa (21/2/2017).

Namun demikian, dengan alasan keselamatan, di beberapa titik yang mengalami banjir, pihaknya melakukan pemadaman aliran listrik dari gardu distribusi ke wilayah yang tergenang.

"PLN mengutamakan keselamatan jiwa masyarakat dengan memadamkan aliran listrik dari gardu distribusi ke wilayah yang tergenang banjir agar terhindar dari bahaya tersengat aliran listrik karena air merupakan salah satu pengahantar listrik," terangnya.

Dini menyebutkan, sejak pukul 12.15 WIB terdapat 136 gardu distribusi yang dipadamkan dengan sebaran paling banyak di Jakarta Timur dan Jakarta Utara sesuai dengan sebaran wilayah genangan saat ini.

Menurut Dini, kesiapan wilayah yang listriknya bisa dinormalkan yaitu apabila seluruh wilayah yang dilayani dari gardu distribusi tersebut sudah dalam keadaan kering. Tidak itu saja, dari pihak PLN juga memerlukan waktu untuk melakukan pembersihan dan revisi gardu.

PLN pun meminta para pelanggan untuk melakukan pemeriksaan dan memastikan instalasi maupun alat-alat elektronik dalam keadaan kering. Mengingat, setelah genangan surut, butuh waktu dan proses untuk penormalan gardu distribusi.

"Apabila terjadi banjir susulan, tidak menutup kemungkinan gardu distribusi yang sudah normal akan kami padamkan kembali," pungkas Dini.

Kompas TV Lebih dari 24 jam banjir telah merendam kawasan permukiman Cipinang Bali, Jatinegara, Jakarta Timur
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.