Kompas.com - 21/02/2017, 16:19 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk membukukan laba bersih pada tahun 2016 sebesar Rp 1,75 triliun, tumbuh 3 persen secara tahunan atau year on year (yoy).

Direktur Utama BTPN Jerry Ng menjelaskan, jika tidak memperhitungkan nilai investasi baru sebesar lebih dari Rp 600 miliar, maka sebenarnya laba perseroan mencapai di atas Rp 2 triliun.

"Kami optimistis kinerja BTPN semakin baik ke depannya walaupun kami prediksi situasi perekonomian masih menantang di 2017,” jelas Jerry dalam pernyataan resmi, Selasa (21/2/2017).

Adapun aset BTPN tercatat naik 13 persen dari Rp 81 triliun pada Desember 2015 menjadi Rp 91,4 triliun pada akhir Desember 2016. Sementara itu, rasio kecukupan modal (capital adequacy ratio/CAR) terjaga pada posisi 25 persen.

Total pendanaan (funding) meningkat 12 persen (yoy) dari Rp 65,6 trilun pada akhir Desember 2015 menjadi Rp 73,3 triliun pada akhir Desember 2016.

Dari jumlah tersebut, komposisi dana pihak ketiga (DPK) mencapai Rp 66,2 triliun atau naik 10 persen dari periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 60,3 triliun, dan komposisi pinjaman bilateral dan obligasi mencapai Rp 7 triliun.

Untuk mengembangkan layanan digital, selama Januari hingga Desember 2016, BTPN telah mengalokasikan dana Rp 611 miliar untuk investasi. Angka ini meningkat 232 persen dibandingkan nilai investasi tahun lalu sebesar Rp 184 miliar.

“Belanja teknologi ini tentu saja mengerek beban operasional, tapi kami optimistis investasi ini akan memberikan dampak positif dan signifikan bagi perusahaan di masa mendatang,” tutur Jerry.

Adapun penyaluran kredit tumbuh 8 persen (yoy) dari Rp 58,6 triliun pada akhir Desember 2015 menjadi Rp 63,2 triliun pada 2016. Penyaluran kredit tetap diimbangi dengan asas kehati-hatian yang tercermin dari tingkat rasio kredit bermasalah (non-performing loan/NPL) sebesar 0,79 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.