Menteri Rini Harapkan Indonesia Jadi Hub Jasa Perawatan Pesawat Internasional

Kompas.com - 02/03/2017, 17:43 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengumpulkan direksi perusahaan-perusahaan pelat merah di bidang pesawat terbang Kamis (2/3/2017) di Kantor Kementerian BUMN.

Perusahaan-perusahaan itu antara lain, PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia, PT Nusantara Turbin & Propulsi, PT Dirgantara Indonesia (Persero), PT IndoPelita Aircracf Services dan PT Merpati Maintenance Facility.

Alasan Rini mengumpulkan perusahaan-perusahaan tersebut, agar terjadi sinergi antara BUMN sektor penerbangan untuk memperkuat posisinya dalam kompetisi jasa perbaikan pesawat di pasar internasional.

Rini berharap, dengan sinergi antara perusahaan-perusahaan tersebut, Indonesia akan memiliki Indonesia Service Hub yang bisa melayani perbaikan pesawat dari negara-negara Asia maupun Afrika.

"Saya ingin kita bisa menjadi hub maintenance. Minimal kita kuasai di Asean, bahkan target saya Asia juga Afrika," ujar Rini di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (2/3/2017).

Untuk mewujudkan Indonesia Service Hub, lokasi pembuatan perbaikan pesawat juga menurut Rini perlu diperluas. "Kita harus ada maintenance hub di Sumatera, apakah di Kualanamu, Banda Aceh, karena dekat ke India, Bangladesh, Srilanka," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, CEO PT GMF Juliandra Nurtjahyo mengatakan, untuk mencapai tujuan sebagai Indonesia Service Hub, dibutuhkan waktu sekitar satu tahun untuk membentuk badan usaha.

"Namanya Indonesia Service Hub, yang merupakan gabungan semua bengkel di Indonesia. Sekarang masih virtual holding," ucap Juliandra.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.