Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Miliarder David Rockefeller Tutup Usia

Kompas.com - 21/03/2017, 17:11 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Miliarder dan filantropis David Rockefeller wafat pada usia 101 tahun. Ia adalah putra kelima dan termuda dari konglomerat dan miliarder pendiri Standard Oil John D Rockefeller Jr. Mengutip BBC, Selasa (21/3 2017).

Rockefeller wafat dalam tidurnya di kediamannya di Poncantico Hills, New York. Ia adalah yang terakhir dari generasinya yang memimpin bisnis turun-temurun keluarga Rockefeller, termasuk kegiatan amal.

Namun demikian, Rockefeller tidak tertarik untuk terjun ke dunia politik. Padahal, kedua kakaknya masuk ke dunia politik dan pemerintahan, antara lain Nelson Rockefeller yang menjadi Gubernur New York dan pernah menjabat wakil presiden AS, serta Winthrop Rockefeller sebagai Gubernur Arkansas.

David Rockefeller lulus dari Harvard University pada tahun 1936. Ia pun meraih gelar doktoral di bidang ekonomi dari University of Chicago pada tahun 1940.

Pada Perang Dunia I, ia membela negaranya dengan bergabung di Angkatan Darat AS. Usai perang, ia bekerja di Chase Bank yang kemudian menjadi JP Morgan Chase. Ia menjadi presiden Chase Bank pada tahun 1961.

Kemudian, pada tahun 1969, dirinya menjadi pimpinan dan CEO bank tersebut. Di bawah kepemimpinannya, Chase Bank adalah bank AS pertama yang membuka kantor di Uni Soviet dan China.

Rockefeller juga salah satu sosok di balik proyek pembangunan World Trade Center di New York City. Ia memutuskan untuk pensiun pada usia 65 tahun, yakni pada tahun 1981. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com