PGN Pertanyakan Investasi Pengadaan Dispenser Gas di SPBU

Kompas.com - 28/04/2017, 07:10 WIB
Pemasangan pipa gas PGN dok PGNPemasangan pipa gas PGN
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berkepentingan dengan distribusi bahan bakar, PT Pertamina (Persero) dan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGAS) masih berembuk dengan pemerintah terkait kewajiban Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) menyediakan dispenser gas.

Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Dilo Seno Widagdo mengatakan, memang saat ini telah diidentifikasi ada 60 SPBU Pertamina yang memiliki fasilitas jaringan gas PGN. Akan tetapi, pembicaraan teknis untuk melaksanakan mandat Ignasius Jonan itu belum selesai.

"Memang dalam hal ini, kami perlu bicara lagi untuk tindak lanjut teknisnya, bagaimana penempatannya, siapa yang akan melakukan investasi. Itu sampai sekarang belum jelas," kata Dilo di Jakarta Kamis (27/4/2017).

Lebih jauh Dilo mengatakan, kendati demikian, pihak PGN tetap mengupayakan agar kebijakan satu SPBU satu dispenser gas itu tak sekadar menjadi wacana.

"Pada saat Menteri ESDM mengeluarkan kebijakan seperti itu, artinya sudah melalui proses diskusi dengan kami. Dan kami sebagai BUMN memang ini adalah bagian dari tugas kami," ujar Dilo.

Sebagai informasi, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan meminta pemanfaatan gas untuk transportasi atau penggunaan bahan bakar gas (BBG) diperbanyak. Untuk itu ia mewajibkan satu SPBU untuk menyediakan satu dispenser gas.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X