Mentan Sebut Kenaikan Harga Bawang Putih Sudah Tak Masuk Akal

Kompas.com - 03/05/2017, 15:05 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga komoditas bawang putih beberapa pekan terakhir menjadi perhatian. Selama ini sebagian besar kebutuhan bawang putih nasional dipasok dari negara lain.

Dalam beberapa hari terakhir harga bawang putih di Jakarta mencapai Rp 60.000 per kilogram.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan, kenaikan harga bawang putih dalam beberapa hari terakhir tidaklah masuk akal. Sebab selama ini mayoritas komoditas tersebut dipasok dari impor.

"Harusnya (harga) tidak tinggi, itu kan impor. Logika yang biasanya tinggi, yang tidak impor. Bawang merah justru turun. Ini kami kerja sama dengan Kapolri. Ini enggak masuk akal kalau naik, itu kan dominan impor," ujar Amran di Kantor Pusat Kementerian Pertanian (Kementan) Jakarta, Rabu (3/5/2017).

Menurut Amran, harga normal dari bawang putih hanya berkisar Rp 25.000 hingga Rp 30.000 per kilogram. Jika mengalami kenaikan harga seperti sekarang ini, dia menduga ada permainan harga pada komoditas tersebut.

"Harusnya Rp 25.000 sampai Rp 30.000 per kilogram. Enggak boleh lebih dari itu. Intinya enggak ada alasan, itu kamk bebaskan mereka (importir) impor untuk bawang putih," jelasnya.

Amran menjelaskan, untuk mengatasi persoalan tersebut, pihaknya menjalin kerja sama dengan Kepolisian dan membentuk satuan tugas (satgas) pangan.

Namun, Amran belum memastikan penyebab utama kenaikan harga bawang putih saat ini disebabkan oleh peran oknum yang memainkan pasokan dan stok bawang putih.

"Kita lihat saja nanti, pengalaman kita cabai saja dikartel. Intinya enggak ada alasan. Hanya ke depan kita harus bela petani supaya mereka tanam," terangnya.

Amran menuturkan, kedepan Kementerian Pertanian (Kementan) akan menyerap hasil produksi bawang putih yang ditanam oleh petani dengan harga yang menguntungkan. Dengan itu akan menumbuhkan minat petani dalam menanam komoditas bawang putih dan berhenti ketergantungan impor.

"Strateginya kami serap punya petani sampai tingkat menguntungkan, strateginya seperti jagung," kata Amran.

Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPSN) harga bawang putih di Jakarta pada Rabu (3/5/2017) mencapai Rp 72.500 per kilogram. Sementara harga bawang merah mencapai Rp 32.500 per kilogram.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.