Kementan Dirikan Posko untuk Pantau Harga Pangan

Kompas.com - 18/05/2017, 20:25 WIB
Ilustrasi bawang putih KOMPAS.com/ DEFRIATNO NEKE Ilustrasi bawang putih
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pertanian (Kementan) terus memantau pergerakan harga pangan menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 2017. Kementan akan mendirikan posko di pasar yang menjadi barometer atau tolak ukur harga dan pasokan pangan di Jakarta seperti Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur.

"Nanti di Pasar Induk akan ada posko untuk memantau harga (pangan) seperti bawang putih, cabai, dan macam-macam," ungkap Sekretaris Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan) Sri Wijayanti Yusuf di Jakarta, Kamis (18/5/2017).

Menurutnya, pemantauan harga pangan sangat diperlukan guna menjaga kestabilan harga pangan. Pemantauan harga juga bisa mendeteksi secara dini jika ada praktik penimbunan bahan pokok.

Seperti diberitakan, Kementerian Pertanian dan Badan Reserse Kriminal Polri menggerebek sebuah gudang Merunda, Cilincing, Jakarta Utara, Rabu (17/5/2017). Gudang tersebut diduga digunakan sebagai tempat penimbunan bawang putih.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan, bawang putih yang ditimbun mencapai 182 ton. Penggerebekan ini dilakukan seiring dengan lonjakan bahan pangan di pasaran.

Sementara itu, berdasarkan Informasi Pangan Jakarta (IPJ) harga beberapa komoditas strategis berada pada level stabil di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur pada Kamis (18/5/2017). Komoditas cabai merah kriting mencapai Rp 18.000 per kilogram, turun Rp 2.000 dari hari sebelumnya.

Cabai rawit merah stabil dengan harga Rp 38.000 per kilogram, cabai merah besar stabil dengan harga Rp 25.000 per kilogram.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemudian, cabai rawit hijau stabil dengan harga Rp 25.000 per kilogram, bawang merah Rp 25.000 per kilogram, turun Rp 2.000 dari hari sebelumnya, dan bawang putih stabil dengan harga Rp 33.000 per kilogram.



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X