Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tarif Angkutan Bus JA Connexion

Kompas.com - 30/05/2017, 14:26 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) telah meluncurkan telah meluncurkan angkutan bus Jabodetabek Airport Connexion (JA Connexion).

JA Connexion nantinya melayani rute dari hotel dan pusat berlanjaan atau mal menuju Bandara Soekarno-Hatta. Berapakah harga tiket untuk menggunakan angkutan JA Connexion?

Kepala BPTJ Kemenhub, Elly Adriana Sinaga mengatakan, terdapat dua tarif yang berbeda dalam angkutan bus JA Connexion.

(Baca: Layanan Bus dari Hotel dan Mal Ke Bandara Soekarno-Hatta Diluncurkan)

Pertama, penumpang akan dikenakan tarif Rp 50.000 per penumpang jika menaiki angkutan bus dari hotel-hotel tertentu ke Bandara Soekarno-Hatta PP.

"Kedua, untuk yang ke mal dikenakan tarif Rp 25.000 per penumpang. Ini masih tarif promo, jadi murah," ujar Elly saat ditemui di Jakarta, Selasa (30/5/2017).

Elly menuturkan, angkutan bus JA Connexion ini beroperasi setiap hari yang melayani 15 hotel dan tujuh mal. Selain itu, terang Elly, jenis bus yang disediakan antara lain, minibus, bus sedang, dan bus berukuran besar.

"Sekarang kan armadanya 91 unit. Nanti kami bagi-bagi berapa frekuensinya. Di dalam bus kami juga sediakan WiFi, dan yang pasti ketepatan waktu perjalanan," jelas dia.

Elly menambahkan, dengan adanya JA Connexion diharapkan bisa mengurangi kemacetan di dalam dan luar kota. Masyarakat didorong untuk beralih dari menggunakan kendaraan pribadi menjadi angkutan bus JA Connexion ke Bandara Soekarno-Hatta.

"Mudah-mudah ke depan semakin banyak hotel-hotel yang dilayani oleh angkutan perkotaan JA Connexion dan juga semakin banyak operator angkutan yang berpartisipasi, sehingga banyak masyarakat yang tertarik untuk menggunakan angkutan umum dan meninggalkan kendaraan pribadinya," imbuh dia.

Adapun 15 Hotel yang akan dilayani antara lain, Hotel Borobudur, Hotel Alila, Hotel Luminor, Hotel Sari Pan Pacific, Hotel Aryaduta, Hotel Grand Cemara, Hotel Ibis Tamarin, Hotel Milenium, Hotel Grand Sahid Jaya , Hotel Ascot, Hotel Amaris Thamrin City, Hotel Aston Sentul City, dan Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang.

Sementara untuk tujuh pusat pemberlanjaan yang dilayani antara lain Kawasan Mall Taman Anggrek, Mall Plaza Senayan, Mall ITC Cempaka Mas, Mall Kelapa Gading, Mall Thamrin City dan Tanah abang, Mall BTM Bogor dan Mall Grand Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com