Ini Kekhawatiran Sejumlah Anggota DPR jika Wimboh Santoso Pimpin OJK

Kompas.com - 05/06/2017, 15:52 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Wimboh Santoso menjalani uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test calon Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di hadapan Komisi XI DPR RI. Wimboh dicalonkan sebagai Ketua Dewan Komisioner OJK.

Wimboh saat ini menjabat Komisaris Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Sebelumnya, Wimboh berkarier di Bank Indonesia (BI) dan pernah menjabat Kepala Kantor Perwakilan BI di New York dan Direktur di Dana Moneter Internasional (IMF).

Komisi XI DPR RI menyoroti jabatan yang pernah diemban Wimboh di IMF. Anggota dewan khawatir, koneksi Wimboh dengan IMF bisa berujung pada intervensi.

"Bapak punya koneksi kuat dengan IMF. Dikhawatirkan Bapak akan diintervensi," ujar Elviana, Anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Gedung DPR/MPR/DPD, Senin (5/6/2017).

Pertanyaan serupa juga dilontarkan oleh Heri Gunawan dari Fraksi Partai Gerindra. Menjawab pertanyaan dari para anggota Dewan, Wimboh menyatakan dirinya tidak akan bisa diintervensi oleh IMF.

"Terkait intervensi IMF, saya jawab tidak. Saya di IMF menjual (mempromosikan) Indonesia, saya memperkenalkan Indonesia, dan saya mempengaruhi IMF untuk Indonesia," ungkap Wimboh.

Wimboh mengungkapkan, dirinya yang memperjuangkan pertemuan IMF dan Bank Dunia digelar di Indonesia pada tahun 2018 mendatang.

"Justru kita harus bisa mempengaruhi IMF untuk kepentingan Indonesia, bukan diintervensi," jelas Wimboh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.