Khusus Mudik, Jalur Penerbangan Militer Akan Dibuka

Kompas.com - 18/06/2017, 14:00 WIB
|
EditorAprillia Ika

MAKASSAR, KOMPAS.com - Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia Indonesia (AirNav) melakukan terobosan dengan menggunakan jalur penerbangan militer atau jalur selatan Pulau Jawa untuk penerbangan domestik saat arus mudik Lebaran 2017.

Penggunaan jalur militer ini lantaran jalur utara Pulau Jawa yang biasanya digunakan penerbangan domestik sangat padat. Apalagi banyaknya penambahan penerbangan saat mudik lebaran.

"Jadi kita tidak hanya menempuh jalur biasa, tapi juga jalur luar biasa dengan mengaktifkan jalur selatan di Jawa. Toh, dari sisi fasilitas komunikasi dan navigasi serta surveilance berupa radar sudah siap," kata Novie Riyanto, Dirut AirNav Indonesia, di sela-sela pemantauan kesiapan navigasi penerbangan di Makassar Air Traffic Service Center (MATSC), Jumat (16/6/2017).

Pembukaan jalur selatan, lanjut Novie, merupakan upaya AirNav bersama TNI AU dalam menciptakan kelancaran penerbangan selama arus mudik dan arus balik Lebaran.

Penggunaan jalur selatan ini pertama kali dilakukan oleh penerbangan domestik yang bisa melancarkan penerbangan dari Jakarta ke Surabaya atau Bali tidak lagi menumpuk di jalur utara.

"Jalur selatan Pulau Jawa ke depannya akan kita gunakan permanen dengan catatan tatkala TNI tidak menggunakannya barulah kita bisa gunakan. Namun, kebijakan tersebut tentunya harus mendapatkan persetujuan dari TNI AU. Terlebih lagi, penerbangan via jalur selatan memang milik TNI AU," tutup Novie yang baru diangkat menjadi Dirut AirNav Indonesia pada Maret 2017 lalu tersebut. 

(Baca: Airnav Bakal Pasang 7 Teknologi Satelit di Papua)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.