BI Yakin Penggunaan Transaksi Nontunai di Tol Bisa 100 Persen

Kompas.com - 03/07/2017, 16:47 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembayaran di seluruh gerbang tol dapat mencapai 100 persen pada Oktober 2017 mendatang.

Oleh sebab itu, dilakukan uji coba di beberapa ruas tol selama periode mudik Lebaran. Pada tahun 2016 lalu, penggunaan transaksi nontunai dalam pembayaran di gerbang tol baru mencapai 23 persen.

Akan tetapi, angka tersebut meningkat menjadi 26 persen pada periode mudik hari raya Idul Fitri 1438 H lalu.

"Kami mengikuti terus (perkembangan transaksi nontunai di gerbang tol). Tahun lalu pembayaran nontunai masih 23 persen," kata Gubernur BI Agus DW Martowardojo di Jakarta, Senin (3/7/2017).

Agus menyatakan, pihaknya beserta Kementerian PUPR mengharapkan penggunaan transaksi nontunai di gerbang tol dapat mencapai 50 persen.

Dengan demikian, ke depan angka tersebut dapat segera meningkat ke 100 persen. Saat ini, bank sentral terus memonitor agar angka tersebut terus meningkat hingga Oktober 2017 tersebut.

Dengan demikian, sisa waktu tiga bulan menjelang Oktober 2017 diharapkan penggunaan transaksi nontunai dapat terus meningkat secara signifikan.

"Kami optimis tiga bulan ini dari Juli sampai Oktober 2017 cukup yakin pengguna jalan tol bisa (memanfaatkan transaksi) nontunai," ungkap Agus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.