Pemindahan Ibu Kota dan Menggunungnya Utang Negara, Berikut Lima Berita Terpopuler EKonomi

Kompas.com - 04/07/2017, 06:30 WIB
Ilustrasi dollar AS SHUTTERSTOCKIlustrasi dollar AS
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana pemindahan Ibu Kota Indonesia ke daerah lain menjadi topik terhangan selama sehari kemarin, Senin (3/5/2017). Selain itu, penetapan tarif batas atas dan bawah taksi online juga menarik perhatian pembaca.

Sebagaimana diketahui, pemerintah saat ini tengah mematangkan rencana untuk memindahkan ibu kota dari Jakarta ke kota lain. Salah satu yang dipilih berlokasi di Pulau Kalimantan.

Masih dari isu makro ekonomi, pemerintah meminta agar masyarakat tak terlalu mengkhawatirkan naiknya utang negara yang kini mencapai Rp 3.667 triliun. Menteri Keuangan Sri Mulyani berjanji pemerintah akan mengelola utang tersebut secara transparan dan hati-hati.

Berikut lima berita terpopuler dari kanal Ekonomi Kompas.com sepanjang hari kemarin:

1. Pemerintah Targetkan Pemindahan Ibu Kota Dimulai 2018

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengaku telah membahas rencana detail pemindahan ibu kota ini bersama Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Istana Negara, Senin (3/7/2017).

Dalam perbincangan terakhirnya dengan Presiden, Bambang mengatakan kajian pemindahan ibu kota, termasuk skema pendanaan, akan rampung tahun ini.

2. Kemungkinan Besar, Ibu Kota Akan Dipindah ke Kalimantan

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro memastikan kajian rencana pemindahan ibu kota selesai tahun ini.

Bambang memastikan, ibu kota tidak akan berada di Pulau Jawa. Saat ini, ibu kota Republik Indonesia berada di DKI Jakarta.

3. Utang RI Capai 3.667 Triliun, Rakyat Jangan Khawatir?

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X