5 Tips Bantu Teman dari Lilitan Utang

Kompas.com - 09/07/2017, 21:00 WIB
Ilustrasi Utang Dok. HaloMoney.co.idIlustrasi Utang
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Tentu bukan hal yang menyenangkan saat melihat teman yang sedang mengalami masalah finansial. Misalnya terlilit utang, menunggak cicilan atau hidup serba pas-pasan dan kadang tidak bisa memenuhi kebutuhan dengan baik.

Sebagai teman yang baik, Anda pasti merasa simpati dan tergerak untuk membantu.

Namun, membantu teman yang sedang mengalami kesulitan finansial tidak bisa sembarangan. Bisa jadi justru Anda yang akan terjerumus pada lubang yang sama.

Ada cara dan trik tersendiri untuk membantunya. Bagi yang sedang berada pada posisi tersebut, simaklah cara membantu teman yang sedang terlilit utang berikut ini.

1. Tanyakan Masalah

Hal pertama yang harus dilakukan saat mengetahui teman sedang bangkrut dan terlilit utang adalah menanyakan dengan jelas apa masalah dan penyebabnya terlebih dahulu.

Anda bisa berdiskusi dengannya di teman yang tenang dan nyaman. Jangan terlalu menekannya, tapi cobalah bertanya dengan perlahan. Berikan padanya waktu untuk bisa menjelaskan semua permasalahannya.

Biasanya jika teman tersebut memang dekat dengan Anda, maka dia tidak akan sungkan menceritakan penyebab masalah keuangannya. Jadilah pendengar yang baik dengan memahami setiap permasalahan yang diceritakannya.

2. Semangat!

Setelah mengetahui masalah dan penyebab kesulitan finansialnya dengan seksama, langkah selanjutnya ialah memberikannya semangat.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X