Pertumbuhan Ekonomi China 6,9 Persen pada Kuartal II 2017

Kompas.com - 17/07/2017, 11:52 WIB
Bendera Republik Rakyat China The GuardianBendera Republik Rakyat China
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

BEIJING, KOMPAS.com - Pertumbuhan ekonomi China lebih pesat dibandingkan prediksi pada kuartal II 2017. Ini sejalan dengan peningkatan output industri, konsumsi, dan investasi.

Mengutip Reuters, Senin (17/7/2017), Biro Statistik Nasional China melaporkan, pertumbuhan ekonomi China mencapai 6,9 perden pada kuartal II 2017. Angka ini sama dengan realisasi pertumbuhan ekonomi pada kuartal sebelumnya.

Realisasi ini melampaui proyeksi. Para analis yang disurvei oleh Reuters memproyeksikan pertumbuhan ekonomi China mencapai 6,8 persen pada kuartal II 2017.

Namun demikian, para analis memperkirakan perlambatan pertumbuhan pada sisa waktu hingga akhir tahun 2017. Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah China untuk menurunkan risiko finansial.

Kuatnya data penjualan ritel dan produksi industri membantu mendorong data ekonomi China. Ekspor pun membaik dan konstruksi properti tetap kuat, meski banyak analis memperkirakan ekonomi China akan kekurangan "geregetnya" sejalan dengan upaya penanganan risiko peningkatan kredit secara pesat.

"Secara keseluruhan, ekonomi terus menunjukkan progres stabil pada paruh pertama. Namun, ketidakstabilan internasional dan ketidakpastian masih relatif besar, dan ketidakseimbangan struktural domestik masih ada," kata Biro Statistik Nasional.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Reuters
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X