Hingga Maret, Modal Asing Masuk ke Indonesia Capai Rp 60 Triliun

Kompas.com - 08/03/2019, 16:46 WIB
Ilustrasi dollar AS SHUTTERSTOCKIlustrasi dollar AS

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia mencatat sampai 6 Maret 2019, modal asing yang masuk ke Indonesia (capital inflow) mencapai Rp 60 triliun.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo Jumat (8/3/2019), merinci modal asing yang masuk tersebut yakni Rp 50,2 triliun untuk pembelian SBN (Surat Berharga Negara) dan Rp 10,5 triliun dari saham.

Modal asing yang masuk terus meningkat dari Februari yang mencapai Rp 49,6 triliun. Angka ini jauh lebih tinggi pada periode yang sama tahun lalu.

Dia menyebutkan, pada periode Januari - Maret 2018 lalu, aliran modal asing keluar mencapai Rp 9,9 triliun.

Baca juga: Modal Asing Mengalir Deras ke Indonesia

"Tahun lalu malah outflow, tahun ini Alhamdulillah inflow," kata Perry.

Menurut Perry,  banyaknya modal asing yang masuk karena dipengaruhi oleh kepercayaan investor asing di pasar keuangan Indonesia yang terus meningkat dan berjalan baik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Investor dari dalam dan luar negeri terhadap ekonomi kita itu baik (kepercayaannya), dan imbal hasil aset dalam keuangan di dalam negeri juga baik," kata Perry.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.