Tarif Kargo Pesawat Naik, Pengiriman Barang Via Kereta Naik 20 Persen

Kompas.com - 08/03/2019, 17:11 WIB
Kereta api barang yang dioperasikan Kalog. dok. KALOGKereta api barang yang dioperasikan Kalog.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kereta Apli Logistik termasuk salah satu yang diuntungkan dengan kenaikan tarif surat muatan udara (SMU) yang berdampak pada naiknya tarif kargo pesawat.

Menurut Pelaksana tugas Direktur Utama Kereta Api Logistik (Kalog) Junaidi Nasution, pengiriman logistik lewat kereta api meningkat sekitar 20 persen.

"Kalau menurut data kami ada peningkatan sekitar hampir 20 persen," ujar Junaidi di kantor Lion Parcel, Kedoya, Jakarta, Jumat (8/3/2019).
 
Saat ini, kapasitas pengiriman Kalog sekitar 370 ton perhari. Untuk tahun ini, Kalog menargetkan volume pengiriman mencapai 70 juta ton. Junaidi menduga penambahan pengiriman barang dengan Kalog sebagian berasal dari pengirim yang sebelumnya menggunakan jalur udara.

Baca juga: Tarif Kargo Naik, Lion Parcel Beri Opsi Pengiriman Darat dengan KALOG

Apalagi Kalog belum menaikkan tarif pengiriman barang.

"Sementara ini tarif yang kami sampaikan ke customer masih tetap walaupun dari PT KAI ada kenaikkan tarif sendiri. Kami masih menjaga konsisten kami kepada pelanggan, kita tetapkan tarif segitu," kata Junaidi.

Untuk meningkatkan volume pengiriman, Kalog bekerja sama dengan Lion Parcel yang mengalami kenaikan tarif kargo. Hubungan mereka saling memberi keuntungan, yakni Lion Parcel bisa mengirim barang lewat kereta api dengan biaya lebih murah dan Kalog bisa mengirim barang ke luar Jawa dengan waktu lebih singkat.

Setelah meneken kerja sama dengan Lion Parcel, Junaidi berharap volume pengiriman meningkat mencapai 2.000 ton.

"Kalau tarif tergantung. Kalau mau cepat delivery-nya, tarifnya disesuaikan dengan Lion Parcel," kata Junaidi.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X